Rencana Anggaran Biaya Ternak Kambing Untuk Pemula

rencana anggaran biaya ternak kambing - kumpulan 100 contoh rencana anggaran biaya rab di httpkumpulanrabblogspotcom 8 638

Pendahuluan

Ternak kambing merupakan usaha yang cukup menjanjikan. Kambing menjadi salah satu jenis hewan ternak yang paling banyak dipelihara karena selain dagingnya yang enak, susu kambing juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Namun, untuk bisa memulai usaha ternak kambing, tentu kita harus memiliki rencana anggaran biaya yang matang dan terperinci.

Rencana Anggaran Biaya

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha ternak kambing, ada baiknya untuk membuat rencana anggaran biaya terlebih dahulu. Rencana anggaran biaya ini berguna untuk memudahkan kita dalam menghitung berapa banyak dana yang diperlukan untuk memulai usaha ternak kambing, sehingga kita bisa lebih mudah dalam menentukan sumber pendanaan yang sesuai. Beberapa hal yang perlu diperhitungkan dalam membuat rencana anggaran biaya ternak kambing antara lain:

1. Biaya untuk Memperoleh Kambing

Pertama-tama, kita harus memperhitungkan berapa banyak kambing yang kita butuhkan dalam memulai usaha ternak kambing. Harga kambing bisa bervariasi tergantung pada jenis dan umur kambing. Namun, sebagai gambaran, harga kambing per ekor bisa berkisar antara 1 juta hingga 5 juta rupiah. Jadi, jika kita ingin membeli 10 ekor kambing, maka biaya yang harus dikeluarkan antara 10 juta hingga 50 juta rupiah.

2. Biaya untuk Membangun Kandang

Selain kambing, hal yang tidak kalah penting dalam memulai usaha ternak kambing adalah membangun kandang yang aman dan nyaman bagi kambing. Biaya untuk membangun kandang bisa bervariasi tergantung pada ukuran dan bahan yang digunakan. Namun, sebagai gambaran, biaya untuk membangun kandang ukuran 8x6 meter bisa berkisar antara 10 juta hingga 20 juta rupiah.

3. Biaya untuk Makanan dan Minuman Kambing

Makanan dan minuman menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam usaha ternak kambing. Kambing yang sehat dan produktif tentu membutuhkan makanan yang baik dan cukup. Biaya untuk makanan dan minuman kambing bisa bervariasi tergantung pada jenis makanan dan minuman yang diberikan. Namun, sebagai gambaran, biaya untuk makanan dan minuman kambing per ekor per hari berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah.

4. Biaya untuk Vaksin dan Obat-obatan

Kambing bisa terkena berbagai macam penyakit seperti Pox dan Antraks. Oleh karena itu, kita harus memperhitungkan biaya untuk vaksin dan obat-obatan dalam usaha ternak kambing. Biaya untuk vaksin dan obat-obatan bisa bervariasi tergantung pada jenis dan merek yang digunakan. Namun, sebagai gambaran, biaya untuk vaksin dan obat-obatan kambing per ekor per tahun berkisar antara 20 ribu hingga 50 ribu rupiah.

5. Biaya untuk Perawatan

Perawatan kambing menjadi hal yang penting dalam usaha ternak kambing. Biaya untuk perawatan kambing bisa bervariasi tergantung pada jenis dan waktu yang diperlukan. Namun, sebagai gambaran, biaya untuk perawatan kambing per ekor per bulan berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

rencana anggaran biaya ternak kambing - rencana anggaran biaya bangunan RAB

Kesimpulan

Membuat rencana anggaran biaya ternak kambing sangat penting untuk menghitung dana yang diperlukan dalam memulai usaha ternak kambing. Beberapa hal yang perlu diperhitungkan dalam membuat rencana anggaran biaya ternak kambing antara lain biaya untuk memperoleh kambing, biaya untuk membangun kandang, biaya untuk makanan dan minuman kambing, biaya untuk vaksin dan obat-obatan, dan biaya untuk perawatan kambing. Selain itu, kita juga harus memperhitungkan biaya operasional lainnya seperti biaya listrik, biaya air, dan biaya tenaga kerja jika diperlukan. Dengan membuat rencana anggaran biaya ternak kambing yang tepat, kita bisa meminimalkan risiko kerugian dan bisa merencanakan pengeluaran dengan matang.

rencana anggaran biaya ternak kambing - RAB+cahyadi

rencana anggaran biaya ternak kambing - rencana anggaran biaya lt1 2

rencana anggaran biaya ternak kambing - rencana anggaran biaya rumah lantai 2 xl%2B%2528Copy%2529

rencana anggaran biaya ternak kambing - 1596649425

rencana anggaran biaya ternak kambing - l

rencana anggaran biaya ternak kambing - Rencana%2BAnggaran%2BYakren%2B2015

rencana anggaran biaya ternak kambing - Rencana+Anggaran+Biaya+3

rencana anggaran biaya ternak kambing - PROPOSAL%2BMASJID

rencana anggaran biaya ternak kambing - 2

rencana anggaran biaya ternak kambing - rekap+anggaran+biaya+1

rencana anggaran biaya ternak kambing - nc5mnmxcarhxR57SkzRdmjXwoEMcr5auRI7n2amCCNKcLV49YOuVYhtjrw3HOBitKxmcEGErP9QeSMHzdE7xxfHb4bhDbMf6tYIcyO oOAY3lRZCkoP37CP8cqiRnNE8XGzjDdm12ywZe7PMO Yr8XJj  42U6MI0uN5C5KRmHWCvKkCGWAASPoM7CQPiqRS0DAOyEkn90va16U7MshnpUXTVlUfkOklue0qKZtUZId48i9 tFIiE7CP=w1200 h630 p k no nu

rencana anggaran biaya ternak kambing - Photo1808

rencana anggaran biaya ternak kambing - rab5

rencana anggaran biaya ternak kambing - rencana anggaran biaya

rencana anggaran biaya ternak kambing - rencana angaran biaya

rencana anggaran biaya ternak kambing - 3

rencana anggaran biaya ternak kambing - DSC 0015

rencana anggaran biaya ternak kambing - rencana angaran biaya

rencana anggaran biaya ternak kambing - 1338308755 386958170 1 Gambar  JASA PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA RAB RUMAH TINGGAL

rencana anggaran biaya ternak kambing - contoh%2Brencana%2Banggaran%2Bbiaya%2Bgedung%2Bbertingkat

rencana anggaran biaya ternak kambing - rencana%2Banggaran%2Bbiaya%2Bjembatan

rencana anggaran biaya ternak kambing - contoh%2BRAB%2Bmasjid

rencana anggaran biaya ternak kambing - estimasi biaya mendirikan paud

rencana anggaran biaya ternak kambing - preview%2Banggaran%2Bbiaya%2Brumah

rencana anggaran biaya ternak kambing - Rencana+Anggaran+Biaya

rencana anggaran biaya ternak kambing - Rencana Anggaran Biaya Bangunan Rumah3 682x1024

Comments