Ternak Kambing Boer: Pemula Harus Tahu

ternak kambing boer - photo+(2)

Pengenalan Kambing Boer

Kambing Boer berasal dari Afrika Selatan dan merupakan salah satu ras kambing yang sering dibudidayakan di Indonesia. Kambing Boer memiliki ciri khas pada bentuk fisiknya yang besar dan tegap, sekaligus memiliki warna kulit yang putih dengan totol-totol coklat di kepalanya.

Kambing Boer memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ras kambing lainnya. Salah satunya adalah pertumbuhannya yang cepat, sehingga biasanya dijadikan sebagai kambing pedaging. Selain itu, kambing Boer juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan tahan terhadap berbagai penyakit.

Persiapan Kandang dan Pakan

Sebelum memulai beternak kambing Boer, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Pertama-tama adalah kandang yang cukup luas dan sesuai dengan jumlah kambing yang akan dipelihara. Kambing Boer membutuhkan kandang yang bersih dan kering, serta ventilasi yang cukup baik.

Selain kandang, persiapan lain yang juga penting adalah pemberian pakan yang cukup dan bergizi. Kambing Boer membutuhkan pakan hijauan seperti rumput, daun kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Selain itu, juga bisa diberikan pakan konsentrat seperti jagung, dedak padi, dan lain-lain. Pemberian air yang cukup juga perlu diperhatikan, terutama pada musim kemarau.

ternak kambing boer - Kambing%2BBoer

Perawatan Kambing Boer

Perawatan kambing Boer juga perlu diperhatikan agar kambing tetap sehat dan produktif. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kandang secara berkala. Selain itu, tubuh kambing Boer juga perlu dibersihkan dengan mandi dan penjemuran agar terhindar dari parasit.

Kesehatan kambing Boer juga perlu diperhatikan. Pemberian vaksin dan obat-obatan harus dilakukan secara teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Ada juga beberapa penyakit yang sering menyerang kambing Boer seperti diare, pneumonia, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemilik ternak harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang penyakit-penyakit tersebut dan tindakan yang harus diambil jika kambing Boer terserang penyakit.

Pemasaran

Setelah kambing Boer mencapai bobot yang cukup untuk dijual, pemilik ternak bisa mencari pasar yang tepat untuk memasarkan produknya. Kambing Boer biasanya dijual dalam bentuk hidup atau dipotong menjadi daging. Ada beberapa pasar yang bisa digunakan untuk memasarkan kambing Boer seperti pasar tradisional, pasar modern, maupun pedagang besar.

ternak kambing boer - m DSC02690

Kesimpulan

Ternak kambing Boer memang memerlukan persiapan dan perawatan yang cukup ketat. Namun, jika dilakukan dengan benar, ternak kambing Boer bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan bagi pemiliknya. Selain itu, dengan peminat yang semakin meningkat, ternak kambing Boer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan usaha peternakan.

ternak kambing boer - kambing%2Bboer

ternak kambing boer - boerka

ternak kambing boer - kambing

ternak kambing boer - jual%2Bkambing%2Bboer%2Bjantan

ternak kambing boer - ternak+kambing+boer

ternak kambing boer - 2010 10 26%2B11

ternak kambing boer - Kambing+Boer1

ternak kambing boer - medium 126743419354774364d9d2e

ternak kambing boer - kambing+etawa1

ternak kambing boer - IMG 0820

ternak kambing boer - kambing%2Bboer%2Bjantan

ternak kambing boer - Ternak+Kambing1

ternak kambing boer - Ternak+Kambing+Jawa+Campur+Boer

ternak kambing boer -  0WmKpWNhrULLLp0gcq4LhklW2AExo  FNOuD1vI5cbooC5A9kHLInsYz rHHBXsoxCjpaRbqQTDj3xyaGSuZQLa7CQUsaARTuUKqHwNEW4BhjoJ5SOmCQx60JFuonJL1rWZuDOFnd1me2Q=s0 d

ternak kambing boer - peternakan%2Bkambing%2Bboer%2Bjogja

ternak kambing boer - kambing+boer

ternak kambing boer - why1

ternak kambing boer - SANY0338

ternak kambing boer - R4TjjgXSxovaFffqYDlnEzV8ECI2TiiS94Y0yVv1zXm 9YNC1LD2a3 GYxALmZRPrbmaL MDPjBbH5YdGcHHaTegb1DXLc bgIj1zMZ1hKg6G70qbeOb=s0 d

ternak kambing boer - m 11gulai

ternak kambing boer - kambing%2Bboer%2Bbetina

ternak kambing boer - cara ternak kambing pemberdayaanmasyarakatcom

ternak kambing boer - ternak kambing boer

ternak kambing boer - IMG 0031

ternak kambing boer - KAMBING+BOER

Comments