Ternak Kambing Gembel: Potensi Bisnis yang Menjanjikan

ternak kambing gembel - Usaha+Ternak+kambing

Pengenalan Ternak Kambing Gembel

Kambing memang menjadi salah satu hewan ternak yang mudah dijumpai di Indonesia. Selain dagingnya yang enak dan kemampuan adaptasinya yang baik pada lingkungan tropis, kambing juga memberikan manfaat lain seperti susu dan kulitnya yang dapat diolah menjadi barang berguna.

Namun yang menjadi sorotan saat ini adalah kambing gembel. Kambing ini sering disebut sebagai kambing miskin atau kambing kampung. Perbedaan kambing gembel dengan kambing lainnya adalah pada kulit dan warna bulunya yang tidak seragam. Karena itu, kambing gembel sering dianggap sebagai kambing yang tidak terawat dan kurang bernilai.

Namun ada fakta menarik tentang kambing gembel. Kambing ini ternyata memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari beternak kambing gembel:

  • Biaya perawatan kambing gembel lebih murah dibandingkan dengan kambing jenis lain. Hal ini disebabkan karena kambing gembel lebih tahan terhadap serangan penyakit dan parasit.
  • Harga beli kambing gembel jauh lebih murah dibandingkan dengan kambing jenis lain. Harga satu ekor kambing gembel dapat diperoleh dengan harga 500 ribu rupiah atau bahkan lebih murah di daerah tertentu.
  • Permintaan pasar untuk daging kambing gembel diperkirakan akan terus meningkat. Hal ini disebabkan karena harga daging kambing jenis lain semakin mahal dan sulit didapat.
  • Kambing gembel memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi peternakan skala besar karena kambing ini memiliki tingkat kelahiran dan pertumbuhan yang tinggi.

Tips dalam Beternak Kambing Gembel

Beternak kambing gembel memang tidak serumit beternak kambing jenis lainnya. Namun ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar beternak kambing gembel dapat berjalan dengan lancar:

  • Pilih bibit kambing gembel yang sehat dan berasal dari peternakan terpercaya.
  • Jangan memilih kambing gembel yang sudah tua atau sakit.
  • Pilih tempat yang sejuk dan memiliki akses yang baik untuk pakan dan air.
  • Berikan pakan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan kambing gembel. Pemberian pakan yang tidak sesuai dapat mempengaruhi pertumbuhan kambing gembel.
  • Lakukan vaksinasi rutin untuk menjaga kesehatan kambing gembel.

ternak kambing gembel - Kambing2

Potensi Pasar Ternak Kambing Gembel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kambing gembel memiliki potensi untuk menjadi bisnis yang menjanjikan. Pasar untuk daging kambing gembel diperkirakan akan terus meningkat dikarenakan harga daging kambing jenis lain yang semakin mahal dan sulit didapat. Berikut ini adalah beberapa potensi pasar untuk ternak kambing gembel:

  • Pasar lokal: Pasar lokal seperti pasar tradisional dan pasar modern dapat menjadi pasar potensial untuk penyedia daging kambing gembel.
  • Restoran: Banyak restoran yang mencari sumber daging kambing berkualitas dan harganya terjangkau. Restoran dapat menjadi pelanggan tetap bagi peternak kambing gembel.
  • Pasar ekspor: Potensi ekspor daging kambing gembel juga dapat menjadi pilihan bagi peternak yang ingin memasarkan hasil ternaknya ke pasar internasional.

Kesimpulan

Ternak kambing gembel memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Selain lebih murah dalam perawatan, kambing gembel juga dianggap sebagai kambing yang lebih tahan terhadap penyakit dan parasit. Harga beli kambing gembel juga lebih murah dibandingkan dengan kambing jenis lainnya. Permintaan pasar untuk daging kambing gembel diperkirakan akan terus meningkat sehingga bisnis ini dapat menjadi pilihan yang menjanjikan bagi para peternak.

ternak kambing gembel - Foto0562

ternak kambing gembel - jenis kambing ternak kambing beternak kambing

ternak kambing gembel - xaMLLu6C9fvh9rW8RoPKXDsxdeUYPiPtadL2YMrytbvnIo TkEpvSlAkcQ9a7H aWgoLuPuJW7jXKnzgO1z1KXb2kwOWBJpoCf2K2YqqPqMTdF7ZIXBQfWsr yY=s0 d

ternak kambing gembel - Picture0027

ternak kambing gembel - tt jantan tanduk

ternak kambing gembel - 11168091014 5ed4b35b6e b

ternak kambing gembel - cara ternak kambing gibas star farm 1

ternak kambing gembel - Ternak+Kambing

ternak kambing gembel - Kambing Gibas

ternak kambing gembel - Ternak%2BKambing%2BGibas%2BModern%2B2018%2BEfektif%2BDengan%2BPakan%2BBuatan

ternak kambing gembel - boerka

ternak kambing gembel - Ternak kambing jenis domba excel milik Pak Toyo S Dipo Kulonprogo

ternak kambing gembel - maxresdefault

ternak kambing gembel - Harga%2BKambing%2BGibas%2BTerbaru

ternak kambing gembel - kambing+etawa1

ternak kambing gembel - Dombos 1

ternak kambing gembel - kandang%2Bkambing%2B5

ternak kambing gembel - Ternak Kambing Pedaging Kambing Boer x Kambing Jawarandu 78 Farm Jogja   081228380678 56

ternak kambing gembel - Cara%2BTernak%2BKambing%2BJawa%2BBerkonsep%2BPenggemukan%2BKonvensional

ternak kambing gembel - maxresdefault

ternak kambing gembel - Foto0059

ternak kambing gembel - Screen Shot 2017 11 20 at 1

ternak kambing gembel - Ternak+Kambing

ternak kambing gembel - IMG00323 20121013 1642

ternak kambing gembel - Ternak Kambing etawa

ternak kambing gembel - Beternak%2Bkambing%2Bkacang%2Batau%2Bjawa%2Bdan%2Bgembel%2Bmaupun%2Bgembel%2Batau%2Bdomba%2B6

Comments