Modal Ternak Kambing: Berapa Banyak yang Dibutuhkan dan Bagaimana Cara Menghitungnya

modal ternak kambing - modal ternak kambing katjang

Pendahuluan

Ternak kambing merupakan salah satu bisnis peternakan yang cukup menjanjikan untuk dijalankan. Kambing mudah dijaga dan dipelihara, selain itu, permintaan daging dan susu kambing saat ini cukup tinggi. Namun, seperti halnya bisnis lainnya, menjalankan usaha peternakan kambing tentunya memerlukan modal yang tidak sedikit. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak kambing serta bagaimana cara menghitungnya untuk pemula.

Berapa Banyak Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Ternak Kambing?

Sebelum memulai usaha ternak kambing, hal yang pertama harus dilakukan adalah menghitung modal yang dibutuhkan. Namun, jumlah modal yang dibutuhkan tentunya berbeda-beda tergantung pada skala usaha yang dijalankan serta kondisi daerah masing-masing. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menghitung modal:

1. Kebutuhan Lahan

Bagi pemula yang baru ingin memulai usaha ternak kambing, bisa memulainya dengan lahan sekitar 150m2-200m2. Sedangkan untuk skala usaha besar, dibutuhkan lahan yang lebih luas lagi. Harga lahan tentunya berbeda tergantung pada lokasi dan kondisi daerah masing-masing.

2. Kebutuhan Kandang

Kandang merupakan tempat kambing digunakan untuk berteduh dan beristirahat. Kandang juga harus dirancang sedemikian rupa agar kambing merasa nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit. Kebutuhan kandang tentunya berbeda-beda tergantung pada jumlah kambing yang akan dipelihara serta jenis kandang yang akan digunakan. Harga kandang juga berbeda-beda tergantung pada bahan yang digunakan dan ukuran kandang.

3. Kebutuhan Pakan

Pakan merupakan kebutuhan utama bagi kambing. Pakan kambing bisa berupa rumput atau jerami, namun biasanya tambahan pakan seperti dedak atau pelet kambing juga dibutuhkan. Harga pakan tentunya berbeda-beda tergantung pada jenis pakan yang digunakan serta kondisi daerah masing-masing.

4. Kebutuhan Obat-obatan

Kambing juga bisa sakit dan memerlukan obat-obatan untuk pengobatannya. Kebutuhan obat-obatan juga harus dipertimbangkan saat menghitung modal ternak kambing.

5. Kebutuhan Karyawan

Untuk skala usaha yang besar, tentunya dibutuhkan karyawan untuk membantu mengurus ternak kambing. Gaji karyawan dan jumlah karyawan tentunya juga harus dipertimbangkan dalam menghitung modal ternak kambing.

modal ternak kambing - Peluang Usaha Ternak Kambing Pedaging Kambing Boer 78 Farm Jogja   0812 2838 0678 32

Cara Menghitung Modal Ternak Kambing

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi faktor dalam menghitung modal ternak kambing, berikut ini adalah cara menghitung modal ternak kambing:

1. Hitung Jumlah Kambing yang Akan Dipelihara

Jumlah kambing yang akan dipelihara tentunya sangat mempengaruhi besar kecilnya modal yang dibutuhkan. Untuk pemula, bisa memulai dengan pemeliharaan 10 ekor kambing saja.

2. Hitung Kebutuhan Lahan dan Kandang

Hitunglah jumlah lahan dan jenis kandang yang dibutuhkan. Setelah itu, cari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk membangun kandang tersebut dan berapa harganya.

3. Hitung Kebutuhan Pakan

Hitunglah kebutuhan pakan per hari untuk 1 ekor kambing. Dari jumlah tersebut, dapat diketahui berapa banyak pakan yang dibutuhkan per bulan dan per tahun. Berikutnya, hitunglah berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli pakan tersebut.

4. Hitung Kebutuhan Obat-obatan

Cari tahu obat-obatan apa saja yang dibutuhkan dan berapa harganya. Hitunglah berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli obat-obatan tersebut per bulan dan per tahun.

5. Hitung Kebutuhan Karyawan

Jika memerlukan karyawan, hitunglah jumlah karyawan yang dibutuhkan dan berapa gaji yang akan diberikan per bulan dan per tahun.

6. Jumlahkan Semua Biaya

Setelah semua kebutuhan dan biaya yang dibutuhkan sudah diketahui, jumlahkan semua biaya tersebut. Dari situ, dapat diketahui berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak kambing.

Kesimpulan

Memulai usaha ternak kambing memang memerlukan modal yang cukup besar. Namun, dengan melakukan perhitungan yang tepat dan memilih skala usaha yang sesuai, tentunya peluang untuk sukses dalam usaha peternakan kambing semakin besar. Semoga artikel ini dapat membantu para pemula dalam menghitung modal ternak kambing. Selamat mencoba!

modal ternak kambing - kambing ternak

modal ternak kambing - modal ternak kambing

modal ternak kambing - modal ternak kambing penyakit

modal ternak kambing - modal kandang ternak kambing

modal ternak kambing - modal ternak kambing

modal ternak kambing - cara ternak kambing

modal ternak kambing - IMG 20171125 111934

modal ternak kambing - IMG 20190205 WA0019

modal ternak kambing - Kambing

modal ternak kambing - pembibitan+kambing+2

modal ternak kambing - Ternak%2BKambing%2BModern%2BModal%2BMinim%2BUntuk%2BPenggemukan%2BPedaging

modal ternak kambing - Mengawali Kesuksesan dengan Bisnis Ternak Kambing

modal ternak kambing - modal ternak kambing 1024x614

modal ternak kambing - maxresdefault

modal ternak kambing - cara ternak kambing Star Farm

modal ternak kambing - images%2B%25281%2529

modal ternak kambing - 100 2450

modal ternak kambing - Ternak kambing Vs Ternak Sapi 1

modal ternak kambing - Kandang Panggung Bagi Kambing Ternak 678x381

modal ternak kambing - Modal%2Bdan%2BCara%2BUsaha%2BTernak%2BKambing%2BPaling%2BMenguntungkan

modal ternak kambing - Cara Ternak Kambing Bagi Pemula Tanpa Modal

modal ternak kambing - Modal%2BPenternakan%2BKambing

modal ternak kambing - Ternak%2BKambing%2BModern%2BModal%2BMinim

modal ternak kambing - peternakan kambing pe

modal ternak kambing - Ternak+Kambing

modal ternak kambing - Peternak Kambing 2

Comments